Pages

Jumat, 20 Mei 2016

Mustabaqoh Qiro’atil Qutub

Jum’at,20 mei 2016 lomba musabaqoh kiro’atil qutub atau MQK mulai diselenggarakan, dimulai dari pembukaan babak penyisihan dari kategori 1 yaitu kelas 1 dan 2 MMH yang bertepat di masjid, serta kelas 3, 5, dan 6 MMH. Lomba berlangsung lumayan meriah terutama di masjid yang digunakan oleh kelas 1 dan 2 MMH.
Banyaknya peserta yang masih bisa dibilang baru dalam hal lomba tidak menyurutkan semangat para peserta, sebaliknya banyak dari peserta yang sangat cerdas dan cekatan entah dalam pembacaan maqro’, pemurotan maqro’, atau menjawab pertanyaan dari dewan juri.
Tetapi banyak juga ditemukan pembacaan maqro’ yang belum tuntas karena minimnya waktu yang diberikan oleh panitia sehingga menyebabkan para peserta galau. Tidak hanya itu pertanyaan dari para dewan juri juga tidak kalah nendang. Pertanyaan dari level sedang hingga sulit di lontarkan oleh juri. Juga ditemukan peserta yang bingung mencari maqro’ yang akan dibaca.
Sedangkan di tempat yang lain yakni di Madrasah depan lantai 1, lomba MQK kelas 3 – 6 terkendala sedikitnya antusias dari perwakilan setiap kelas. Banyak sekali kelas yang tidak mendelegasikan peserta. Terlepas daripada itu, lomba tetap dilangsungkan. Ada tiga dewan juri pada malam hari ini. Ada Ust. Syahril, Ust. Bushro Lathif, dan Ust. Mu’ti Ali Setiawan. Pertanyaan dari para dewan juri ini yang kerap membuat peserta mati kutu di depan. Pertanyaan meliputi masalah fiqih, nahwu, dan shorof.

selain sepi peserta, disini juga minim sorak-sorai dari para pendukun masing-masing kelas. Kebanyakan dari mereka tertidur pulas di atas bangku. Munkin selain lelah, lomba yang dilangsungkan pada malam hari, juga ditengarai menyebabkan para santi mengantuk. Akan tetapi masih ada sedikit banyak penonton yang tetap menyaksikan jalannya perlombaan dengan seksama. Terkadang mereka juga berteriak dan bertepuk tangan apabila ada peserta yang berhasil menjawab petanyaan dari para dewan juri. Bagi peserta yang lolos akan menghadapi babak selanjutnya, menunggu yang lolos dari masjid yaitu kelas 1 dan 2.     

0 komentar:

Posting Komentar