Pages

Sabtu, 21 Mei 2016

FINAL MUSABAQOH QIRO'ATUL KUTUB (MQK) PUTRA



              
   Final MQK putra hari sabtu malam ahad tanggal 21 mei 2016, diikuti oleh peserta yang kemarin lolos dari babak penyisihan kemarin yang berjumlah 11 delegasi dari berbeda kelas yang hari ini dapat mengikuti babak final putra  yang akan diambil 3 pemenang. Yang selanjutnya akan dibawa ke final selanjutnya melawan peserta putrid yang juga lolos dari babak final di MQK putri.materi atau maqrok yang lombakan sama seperti babak penyisihan kemarin, ini bertujuan agar para peserta dapat lebih baik mempelajari materi yang nantinya akan dilombakan. Dengan materi yang sama dari kemarin ternyata para peserta ada yang masih belum bias menguasai materi yang dilombakan, ini mungkin karena para peserta merasa tidak PD sehingga saat tampil di depan tidak brgitu lancer dalam membaca dan menjawab pertanyaan dari para juri. Ini dimungkinkan dari faktor dari peserta yang kurang persiapan atau faktor penonton yang begitu ramai dan semangat dalam mendukung  delegasi dari kelas dan menjatuhkan delegasi dari lawan, karena pada final MQK putar ini para peserta dari kelas 1 sampai kelas 6 tampil dalam satu tempat dan satu acara, jadi mereka sulit dalam memaksimalkan karena faktor tersebut.
                Dalam pelaksanaan MQK babak final ini berjalan lancer walau banyaknya kendala yang terjadi, tapi dengan usaha panitia yang maksimal hingga akhirnya dapat berjalan lancer, dengan juri jebolan dari sarang semua, tapi karena dari 3 juri ada satu yang tidak bias karena ada halangan maka diambilkan satu juri jebolan dari pondok kita sendiri darul huda yang juga tidak diragukan dalam bidang perilmuan nahwu dan shorof. Dari peserta pertama berjalan lancer walau tadi ada protes dari peserta pertama yaitu saudara istaufa dari perwakilan kelas lima D kepada panitia terkait maqrok yang diberikan tidak sesuai dengan materi yang disarankan panitia, tapi itu tidak jadi masalah bagi peserta bernomor dada ini karenan memang dia sudah begitu lihai dalam hal nahwu shoroff begitu yang diucapkan teman para pendukungnya.
                Seperti halnya kegiatan yang ada para pendukung banyak yang terlanjur menikmati suasana dan langsung  begitu PDnya tidur ditempatnya masing-masing, hingga sempat menjadikan suasana acara malam itu menjadi sepi dan sunyi, sampai ada yang langsung meninggalkan tempat acara karena sudah gak kuat, tapi suasana sepi itu berubah ketikan ada dari perwakilan peserta dari kelas dua bernama arif nawawi dengan nomor dada tujuh, yang tampil dengan PDnya ke depan dan langsung membaca sesuai maqrok yang diperolek, dan yang berbeda peserta ini membaca dengan lantang dan keras hingga membuat suasana menjadi hidup kembali dan membangunkan mereka yang terlelap tidur hingga suasana menjadi ramai kembali.
                Semakin lama acara semakin seru hingga tinggal dua peserta yang belum tampil untuk unjuk kebolehan dalam hal ilmunya, tapi setelah peserta yang terakhir maju kedepan para penonton tiba-tiba semakin menipis secara derastis, setelah panitia mencari tau ternyata ada pelangan dating sontak manjadiakan peserta berhamburan dari area lomba. Tapi acara tetap berjalan karena waktu semakin larut malam. Hingga pada pukul 22:23 acara pun dapat ditutup dengan bacaan hamdalah bersama-sama . karena sudah malam maka perekapan nilai diundur besoknya guna memaksimalkan perekapan dan untik mendapatkan  juara yang memang  layak untuk menjadi perwakilan dari putra yang natinya akan tampil bersama dengan peserta juaran MQK di putrid. Semoga acara berjalan lancer membanggakan darul huda mayak. amiin


0 komentar:

Posting Komentar